Home / Berita Utama / Dua Pelaku Curanmor Di Banjarnegara Di Bekuk Polisi

Dua Pelaku Curanmor Di Banjarnegara Di Bekuk Polisi

whatsapp-image-2017-05-01-at-17-48-43
Tribratanewsbanjarnegara.com – Polres Banjarnegara berhasil menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor atau curanmor di halaman ruko turut Kelurahan Parakancanggah Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara, Senin (24/4/2017).
Kejadian ini bermula ketika Sana asal Desa Tlagawera Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara yang menjadi korban pencurian itu berangkat kerja ke ruko tersebut dengan menggunakan sepeda motor merk Yamaha pada Senin (24/4/2017) pagi.
Korban kemudian memarkir sepeda motor tersebut di depan ruko dan terkunci stang. Korban kemudian meninggalkan sepeda motor itu untuk bekerja di ruko yang jaraknya sekitar 40 meter dari sepeda motornya.
Beruntung, Muntoha yang menjadi saksi kejadian memergoki pelaku yang sedang membawa sepeda motor korban pada sore harinya. Muntoha kemudian memberi tahu korban lalu mengejar pelaku bersama dengan masyarakat sekitar.
Pelaku yang tidak dapat melarikan diri tersebut kemudian dibawa oleh masyarakat dan diserahkan ke Polsek Banjarnegara.
Dengan kejadian tersebut, Kapolsek Banjarnegara, Polres Banjarnegara, AKP Nyoman Sudarjana mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah sigap dan peduli serta tanggap dengan keadaan lingkungannya.
Kapolsek Banjarnegara juga mengapresiasi kepada masyarakat karena telah berperan serta dalam menjaga kamtibmas di wilayahnya dan tidak melakukan main hakim sendiri kepada pelaku kejahatan.
JA (22) yang berasal dari Desa Plodongan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo ini kemudian ditangkap berikut barang bukti kejahatannya berupa sebuah kunci T bersama sepeda motor Yamaha Vega warna merah ke Polsek Banjarnegara.
Setelah dilakukan penyidikan lebih lanjut, Satreskrim Polres Banjarnegara dibawah pimpinan Kasat Reskrim, AKP T. Sapto Nugroho, SH, MH berhasil menangkap RU, satu pelaku curanmor lainnya.
RU yang berjualan cilok ini melakukan aksi pencurian sepeda motor bersama JA namun pada saat kejadian ia berhasil kabur.
Menurut keterangan JA kepada Polisi, ia melakukan aksinya bersama dua orang rekannya yaitu RU dan seorang lainnya yang masih dalam pengejaran Polisi.
JA yang merupakan residivis ini telah melakukan tiga perbuatan pidana yang diantaranya satu kejadian di Wonosobo dan dua kejadian di Banjarnegara.
Baru dua bulan keluar dari penjara ia mengulangi perbuatannya dengan mencuri sepeda motor. Menurutnya, hal ini ia lakukan untuk menafkahi anaknya yang dirawat oleh mantan istrinya.
“Akibat perbuatannya, JA dan RU dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.”, ucap Kasat Reskrim Polres Banjarnegara.
Kapolres Banjarnegara, AKBP Saiful Anwar, S.Sos, SIK, MH melalui Kasat Reskrim Polres Banjarnegara, AKP T. Sapto N., SH, MH mengatakan bahwa Polres Banjarnegara telah melakukan upaya antisipasi pencurian sepeda motor dari masing-masing satuan fungsi mulai dari upaya preemtif, preventif hingga represif atau penegakkan hukum. Salah satu caranya yaitu dengan cara razia untuk menemukan kendaraan yang dicurigai sebagai tindak kejahatan.
Lebih lanjut Kasat Reskrim mengimbau kepada masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor yang parkir ditempat umum untuk memastikan ada yang jaga.
“Saat mengunci sepeda motor pastikan mengunci stang ke arah kanan. Hal ini untuk mengantisipasi pencurian sepeda motor dengan menggunakan kunci T.”, imbuhnya.
(Humas Polres Banjarnegara /a)

Baca Juga

Patroli Dialogis, Sat Sabhara Polres Banjarnegara Amankan Delapan Pemuda Mabuk Tuak

http://tribratanews.jateng.polri.go.id-Guna menjaga situasi kamtibmas yang kondusif Sat Sabhara Polres Banjarnegara menggiatkan patroli sore hari di …

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: