Home / Berita Utama / Aksi Kemanusiaan Di Banjarnegara Untuk Rohingya

Aksi Kemanusiaan Di Banjarnegara Untuk Rohingya

Tribratanewsbanjarnegara.com – Kementrian Agama atau Kemenag Banjarnegara menggelar silaturahmi kebangsaan masyarakat Banjarnegara dalam rangka aksi kemanusiaan terhadap etnis rohingya, Rabu (6/9/2017).

Bertempat di aulanya, kegiatan ini dihadiri oleh Forkompinda Banjarnegara, FKUB Banjarnegara, tokoh agama hingga tokoh pemuda.

Dalam silaturahmi tersebut, segenap tokoh pemerintah, tokoh agama hingga tokoh masyarakat menyatakan keprihatinan dan penolakan terhadap aksi kekerasan pada etnis Rohingya di Myanmar.

Penolakan tersebut diwujudkan dengan penandatanganan komitmen bersama masyarakat Banjarnegara menolak kekerasan terhadap etnis Rohingya.

Fahmi Hisyam, Ketua MUI Banjarnegara mengungkapkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menyatukan persepsi dan langkah dalam memberikan bukti solidaritas terhadap etnis Rohingya di Myanmar.

“Kegiatan ini untuk memberikan bukti solidaritas terhadap etnis Rohingya di Myanmar,” ucap Ketua MUI.

Sementara itu, saat menanggapi tentang rencana aksi di Kabupaten Magelang, Ketua MUI tersebut meminta agar masyarakat tidak perlu mengikuti aksi tersebut.

“Semua bangsa ini boleh berpendapat, tapi kalau menggelar aksi sebagai rasa empati terhadap etnis Rohingya di Borobudur salah tempat. Borobudur kan situs wisata. Mestinya kalau menggelar aksi di kedutaan besar Myanmar di Jakarta,” jelas Ketua MUI Banjarnegara.

Menurutnya, jika digelar di Borobudur dapat mengganggu wisatawan bahkan dapat mengakibatkan kerusakan terhadap situs wisata tersebut.

“Aksi solidaritas tersebut lebih baik dilakukan dengan mengirim surat kepada Kedubes Myanmar. Dan yang lebih bagus lagi menggalang dana untuk membangun rumah sakit dan sekolah disana (Myanmar),” imbuhnya.

Sedangkan Kapolres Banjarnegara, AKBP Nona Pricillia Ohei, SIK, SH, MH menjelaskan bahwa sesuai Undang-Undang No.9 Tahun 1998 pada Pasal 19 ayat 2 disebutkan bahwa dalam penyampaian pendapat dimuka umum diperbolehkan kecuali objek vital.

Dari kegiatan silaturahmi tersebut terkumpul sejumlah dana yang diprakarsai oleh Bupati Banjarnegara. Dana tersebut akan disalurkan untuk membantu masyarakat etnis Rohingya di Myanmar.

(Humas Polres Banjarnegara /a)

Please follow and like us:
0

Baca Juga

Bhabinkamtibmas Polsek Purwanegara Berikan Pesan-Pesan Kamtibmas Usai Sholat Berjamaah

Tribratanewsbanjarnegara.com – Bhabinkamtibmas Polsek Purwanegara, Polres Banjarnegara, Polda Jateng Brigadir Dian Wijayanto bersama warga Desa Purwonegoro …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *