Home / Berita Utama / Polsek Purwareja Klampok Mendapat Kunjungan Dari Siswa SMA N1 Purwaerja Klampok

Polsek Purwareja Klampok Mendapat Kunjungan Dari Siswa SMA N1 Purwaerja Klampok

Polsek Purwareja Klampok, Polres Banjarnegara mendapat kunjungan dari siswa kelas XII SMA Negeri 1 Purwareja Klampok berjumlah 5 siswa/i. Dalam kunjungannya diterima langsung oleh Kapolsek Purwareja Klampok AKP Hasan Suhairi, S. Sos yang di dampingi oleh Kanit Lantas Aiptu Sugondo Waluyo, Selasa (20/02/2018).

Maksud dan tujuan kunjungan siswa tersebut dalam rangka menyelesaikan tugas yang diberikan sekolah yakni melakukan wawancara bersama petugas Polsek Purwareja Klampok dengan mengajukan beberapa pertanyaan kaitannya dengan materi mata pelajaran PKN berupa ancaman ideologi pancasila, ancaman militer, hankam dan ancaman terorisme. Selain materi Pelajaran PKN Kanit Lantas juga memberikan materi kepolisian di bidang lalulintas dan kenakalan remaja.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek mengawali wawancara dengan menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh siswa tentang Ancaman Ideologi Pancasila, ancaman militer, hankam dan ancaman terorisme. Setelah selesai menjawab pertanyaan yang di ajukan siswa Kapolsek juga mengenalkan secara umum tugas-tugas Polisi serta fungsi masing-masing Unit di Polsek Purwareja Klampok.

Selanjutnya Kanit Lantas Aiptu Sugondo Waluyo memberikan penjelasan tentang kenakalan remaja dan bidang lalulintas meliputi tata tertib berlalulintas dan jenis-jenis pelanggaran lalulintas di jalan raya serta memberikan berbagai macam contohnya.

Terkait kenakalan remaja, Kanit lantas menjelaskan bahwa penyebab kenakalan remaja sangatlah kompleks. Baik dari dalam diri remaja itu sendiri maupun lingkungan. Para remaja harus mampu membentengi diri dari pergaulan yang salah atau menyimpang. Pengaruh lingkungan pada era globalisasi sekarang ini akan lebih terasa dampaknya, pasitif maupun negatif. Karena dengan kecanggihan teknologi mereka bisa mengakses sumber informasi dari manapun.

Selain itu diberikan beberapa contoh kenakalan remaja seperti tawuran pelajar, aksi corat-coret, bolos sekolah, merokok dll.

Lebih lanjut Kanit Lantas menyampaikan kenakalan remaja merupakan tanggung jawab kita bersama. Untuk itu pentingnya perhatian serta pengawasan utamanya dari para pendidik, baik yang ada di keluarga (orangtua), sekolah (guru-guru dan guru pembimbing) maupun para pendidik di masyarakat yakni para pemuka agama dan tokoh-tokoh masyarakat.

Pembinaan dan penyuluhan juga perlu dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Oleh karena itu Polsek Purwareja Klampok secara berkala melakukan binluh di sekolahan dengan berbagai materi seperti bidang lalulintas, kenakalan remaja, narkoba dan sebagainya.

Usai melakukan wawancara, Kanit Lantas menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, semoga bisa memberikan pemahaman kepada para siswa tentang lalulintas dan kenakalan remaja. Selain itu dengan kunjungannya ke Polsek Purwareja Klampok, para siswa dapat melihat langsung Polisi bertugas, terutama pada saat melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

(Tim Humas Polres Banjarnegara / DN)

Baca Juga

Menjadi Irup di Sekolah, Polwan Semangati Siswa Untuk Raih Prestasi

Polwan Polres Banjarnegara menjadi Irup upacara pengibaran bendera di sekolah-sekolah, baik tingkat SMA, SMP, Sd …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *