Home / Berita Utama / Silaturahmi Kamtibmas, Kapolres Banjarnegara : Ingat Jarimu, HarimauMu

Silaturahmi Kamtibmas, Kapolres Banjarnegara : Ingat Jarimu, HarimauMu

Tribratanewsbanjarnegara.com – Polres Banjarnegara menyelenggarakan Silaturahmi Kamtibmas yang bertemakan Memperkuat Wawasan Kebangsaan Dalam Mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Pendopo Dipayuda Adhigraha Banjarnegara, Kamis (20/12/2018).

Kegiatan yang diprakarsai Satbinmas Polres Banjarnegara ini dihadiri oleh Forkompinda Banjarnegara, Kapolsek dan Danramil di Banjarnegara, Bhabinkamtibmas, tokoh agama hingga tokoh masyarakat di wilayah Banjarnegara.

Dalam sambutannya, Kapolres Banjarnegara, AKBP Aris Yudha Legawa, SH, SIK menyampaikan kegiatan ini sebagai salah satu wadah untuk menjaga persatuan dan kesatuan antar umat beragama di Kabupaten Banjarnegara.

“Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan rasa kebangsaan untuk mewujudkan Indonesia khususnya Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera,” ucap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres Banjarnegara menjelaskan dalam menghadapi Pemilu Serentak 2019 membutuhkan peran serta dari seluruh instansi dan elemen masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan sejuk di Banjarnegara.

“Perlu adanya persatuan dari berbagai pihak untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk di Banjarnegara. Begitu pula dalam menyikapi berita bohong atau hoax, harus ditanggulangi secara bersama-sama. Karena jarimu adalah harimaumu,” jelas Kapolres.

Menurutnya, jarimu harimaumu merupakan peribahasa yang tepat pada era sekarang. Karena banyak konten baik tulisan, gambar maupun video yang di unggah di media sosial yang dapat menimbulkan berbagai gangguan kamtibmas. Terlebih konten yang berisikan berita bohong atau hoax, isu provokasi, SARA maupun ujaran kebencian.

Untuk itu, Kapolres Banjarnegara mengajak kepada para peserta agar selalu mengecek kebenaran berita sebelum ikut menyebarkannya. Hal tersebut penting, karena baik pembuat maupun penyebar berita bohong sama-sama memiliki ancaman pidana.

Selanjutnya, Syamsudin, S.Pd, M.Pd, Wakil Bupati Banjarnegara menjelaskan untuk mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat diperlukan sikap jujur, konsisten dan integritas.

Tidak hanya itu, perlunya memupuk jiwa saling menghargai antar suku, agama, ras dan golongan untuk menciptakan Banjarnegara yang aman dan kondusif.

“Mari bersama kita jaga persatuan dan kesatuan, amalkan Pancasila, UUD 1945, dan mewujudkan Binneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

(sumber: tribratanews.banjarnegara.jateng.polri.go.id)

Please follow and like us:
0

Baca Juga

Bhabinkamtibmas Polsek Purwanegara Berikan Pesan-Pesan Kamtibmas Usai Sholat Berjamaah

Tribratanewsbanjarnegara.com – Bhabinkamtibmas Polsek Purwanegara, Polres Banjarnegara, Polda Jateng Brigadir Dian Wijayanto bersama warga Desa Purwonegoro …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *